Sabtu, 07 November 2009

Adab Menyapa

Menyapa merupakan suatu hal yang terpuji karena membahagiakan hati orang lain dan menjalin hubungan antar sesama umat manusia.
Menyapa memiliki beberapa adab yang biasannya kita lupakan padahal adab menyapa sangatlah penting.
Adab menyapa adalah mengucapkan salam pada orang atau manusia dan akan lebih baik bila jawabannya lebih panjang.
Contoh :
Charits : "Assalamuallaikum !!"
Yepy : "Walaikumsallam warah matullahi wabarakatuh."
Dalam contoh di atas Yepy menjawab salam dengan lebih panjang dibandingkan Charits. Sebabnya ? Entah apa sebabnya, saya lupa. Saya pernah baca di buku.
Kedua, Orang atau manusia yg sedang berjalan menyapa orang yang sedang duduk atau berdiri diam. Nah, pada point kedua ini banyak terjadi kesalah fahaman. Di sekolah misalnya, biasannya orang yg sedang berdiri atau duduk yg menyapa orang yg sedang berjalan. Lalu orang yg berjalan enggan menyapa si orang yg duduk ataupun berdiri tadi dan akan menyebut dia 'sombong'. Memang benar, orang yg tidak mau bertegur sapa ialah orang yg sombong namun sebenarnya orang yg sombong itu sendiri ialah orang yg sedang berjalan dan enggan memberi salam kepada orang yang sedang duduk.

Ketiga, alangkah lebih baik bila saling berjabat tangan, saya pernah baca di suatu buku yg menyebutkan bahwa berjabatan tangan akan menggugurkan dosa antara kedua orang yg saling berjabatan.

Itulah adab menyapa yang pernah saya baca. Semoga bermanfaat bagi yg membaca. ;)

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Volkswagen Cars. Powered by Blogger